Logo Bloomberg Technoz

Presiden Brazil Jamin Putin Bisa Berkunjung Tanpa Takut Ditangkap

News
11 September 2023 09:40

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva berbicara dalam pertemuan dengan para gubernur di Brasil, Senin, (9/1/2023). (Arthur Menescal/Bloomberg)
Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva berbicara dalam pertemuan dengan para gubernur di Brasil, Senin, (9/1/2023). (Arthur Menescal/Bloomberg)

Simone Iglesias - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin aman untuk hadir di pertemuan G-20 tahun depan tanpa takut ditangkap.

Pemimpin Rusia ini, yang menjadi target penangkapan internasional karena invasinya ke Ukraina, tidak hadir pada pertemuan G-20 India pada hari kedua dan terakhir di New Delhi pada Minggu (10/09/2023). Lula mengatakan dalam wawancara video dengan platform berita India Firstpost pada Sabtu malam bahwa Putin akan mendapatkan undangan untuk pertemuan G-20 tahun depan.

"Saya percaya bahwa Putin bisa dengan mudah pergi ke Brazil," kata Lula. "Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa jika saya menjadi presiden Brazil dan dia pergi ke Brazil, tidak ada cara dia akan ditangkap."

Pengadilan Pidana Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin pada Maret atas tuduhan kejahatan perang. Tetapi ada spekulasi bahwa Putin akan menghadiri pertemuan BRICS di Johannesburg pada bulan Agustus, sebuah kelompok yang lebih bersahabat daripada G-20 yang mencakup mitra dagang utama Rusia seperti China dan India, serta Brazil dan Afrika Selatan. Sebulan sebelumnya, dia memutuskan untuk tidak hadir "secara kesepakatan bersama" dengan Afrika Selatan.