Logo Bloomberg Technoz

Analisis Ekonom The Fed Sebut Inflasi AS Berhasil Ditaklukkan

News
07 September 2023 09:40

Ilustrasi ekonomi AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi AS (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve selama 18 bulan terakhir mungkin sudah cukup untuk mengembalikan inflasi ke target 2% dan menghindari resesi, demikian menurut analisis dari dua ekonom Fed Chicago.

"Menurut perkiraan model, perketatan kebijakan yang sudah dilakukan sudah cukup untuk mengembalikan inflasi kembali mendekati target Fed pada pertengahan 2024 sambil menghindari resesi," tulis para ekonom, Stefania D'Amico dan Thomas King dalam publikasi Rabu (06/09/2023) di situs web Fed Chicago.

Kenaikan suku bunga yang telah dilakukan oleh the Fed selama setahun setengah terakhir telah membantu melambatkan inflasi dari level tertinggi dalam empat dekade yang dicapai pada Juni 2022, demikianmenurut analisis tersebut. Para ekonom menemukan bahwa sekitar dua pertiga dari pengetatan yang telah dilakukan telah memengaruhi pertumbuhan ekonomi, sementara sekitar 75% telah memengaruhi inflasi.

Meskipun para pembuat kebijakan mengatakan bahwa suku bunga acuan sudah mendekati puncaknya, mereka masih menimbang apakah mungkin diperlukan kenaikan lebih lanjut untuk sepenuhnya mengembalikan inflasi ke target 2%.