Logo Bloomberg Technoz

Dampak Kenaikan Bunga The Fed, Banyak Perusahaan AS Bangkrut

News
06 September 2023 09:10

Gedung The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
Gedung The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Steven Church - Bloomberg News

Bloomberg, Jumlah perusahaan Amerika Serikat (AS) yang mengajukan kebangkrutan melonjak di bulan Agustus lalu. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan mencari perlindungan pengadilan dari kreditor mereka. Hal ini sebagai respons terhadap kenaikan suku bunga acuan dan tekanan ekonomi.

Menurut data Epiq Bankruptcy, jumlah perusahaan komersial yang mengajukan kebangkrutan meningkat hampir 17% pada Agustus dibandingkan bulan sebelumnya. Ini adalah bulan ke-13 berturut-turut di mana total kebangkrutan, termasuk keluarga dan individu, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, menurut laporan American Bankruptcy Institute.

Ukuran yang digunakan dalam data ini adalah jumlah petisi Chapter 11 (aturan hukum kebangkrutan di AS) yang diajukan, kebangkuran naik 54% secara tahunan di bulan Agustus. Jumlah tersebut kemungkinan besar meningkat karena biasanya beberapa perusahaan besar mengajukan beberapa permohonan kebangkrutan yang mencakup semua unit mereka.

The Fed Terminal Rate (Bloomberg)

Bahkan dengan kualifikasi tersebut, lonjakan kegagalan bisnis, terutama untuk perusahaan-perusahaan besar, terlihat jelas, kata Ed Flynn, seorang konsultan dari ABI yang mempelajari statistik kebangkrutan.