Logo Bloomberg Technoz

Begini Respons China Disebut AS Tak Layak jadi Tempat Investasi

News
31 August 2023 13:00

Wang Wenbin (Sumber: Kemlu China)
Wang Wenbin (Sumber: Kemlu China)

Bloomberg Technoz, Beijing - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menanggapi pernyataan Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo bahwa negara ekonomi terbesar kedua dunia ini tak layak investasi.

Ia mengulangi seruan agar AS mengambil tindakan yang memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara, mengurangi gesekan dan konfrontasi, serta bersama-sama mempromosikan pemulihan ekonomi dunia dan menghadapi tantangan global.

“Hubungan ekonomi dan perdagangan antara China dan AS adalah saling menguntungkan dan win-win,” kata Wang kepada wartawan, Rabu (30/08/2023).

“Politisasi masalah ekonomi dan perdagangan serta peregangan konsep keamanan tidak hanya akan berdampak serius pada hubungan bilateral dan kepercayaan bersama, tetapi juga merugikan kepentingan perusahaan dan masyarakat kedua negara, serta berdampak bencana pada ekonomi global,” lanjutnya.

Sebelumnya, Raimondo menyatakan bahwa tindakan China yang mengusir perusahaan AS membuat iklim berinvestasi di negara ekonomi terbesar kedua dunia ini semakin tak layak dan berisiko.