Logo Bloomberg Technoz

AS, Jepang, Korsel Latihan Militer untuk Hadapi Rudal Korut

News
29 August 2023 14:45

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan PM Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Bloomberg)
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan PM Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) mengadakan latihan militer bersama guna menghadapi ancaman rudal-rudal dari Korea Utara (Korut). Ini merupakan latihan pertama semacam ini sejak pemimpin ketiga negara sepakat meningkatkan kerja sama di sektor keamanan.

Menurut keterangan pihak militer Korsel, sebuah kapal penghancur yang dilengkapi dengan sistem Aegis untuk melacak dan menembak jatuh rudal digunakan dalam latihan pada Selasa (29/8/2023) di Pulau Jeju, Korea Selatan. Latihan tersebut difokuskan pada pendeteksian dan pemantauan proyektil, juga berbagi informasi terkait hipotesis peluncuran rudal balistik dari Korut.

Latihan tersebut bertujuan "memperkuat postur dan kemampuan respons terhadap ancaman nuklir dan rudal yang semakin meningkat dari Korea Utara," demikian pernyataan Angkatan Laut Korea Selatan.

Ilustrasilatihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan. (Dok: Bloomberg)

Presiden AS Joe Biden, presiden Korsel Yoon Suk Yeol, dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida berjanji untuk berbagi data secara real time tentang peluncuran misil dalam pertemuan di AS pada awal bulan ini. Mereka juga sepakat untuk meluncurkan latihan militer multifaset yang dikatakan akan meningkatkan kerja sama pertahanan tiga negara tersebut ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya.