Logo Bloomberg Technoz

Deputi Gubernur State Bank of Vietnam (SBV) Pham Thanh Ha mengungkapkan, merasa terhormat bahwa SBV dapat bergabung sebagai partisipan baru kerja sama konektivitas pembayaran kawasan. SBV memperkuat Konektivitas Pembayaran Regional sehingga transaksi di Vietnam bisa menggunakan QRIS.

“MoU ini merupakan bentuk solidaritas dan menandai titik awal penguatan integrasi ekonomi kawasan, serta memajukan konektivitas pembayaran untuk menjadikan ASEAN sebagai pemimpin global dalam konektivitas pembayaran,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan MoU Local Currency Transaction (LCT) antara BI, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand. Penandatangan dilakukan Perry bersama Gubernur Bank Negara Malaysia Rasheed Ghaffour. Sedangkan Gubernur Bank of Thailand Sethaput Suthiwartnarueput melakukan penandatanganan di tempat terpisah dan disiarkan secara online

Rasheed mengatakan, adanya cross border payment akan mempermudah dalam membangun infrastruktur di ASEAN. “Harapannya Vietnam bisa segera bergabung dalam integrasi pembayaran,” ujar Rasheed.

Sejak 2017, Indonesia sudah melakukan kerja sama dengan negara mitra dagang dan investasi untuk melakukan aksi dedolarisasi. Ketiga negara sepakat untuk menyelesaikan transaksi perdagangan bilateral menggunakan mata uang lokal atau local currency settlement (LCS).

Local Currency Settlement (LCS) adalah penyelesaian transaksi bilateral antara dua negara yang dilakukan dalam mata uang masing-masing negara di mana setelmen transaksinya dilakukan di dalam yurisdiksi wilayah negara masing-masing.

Kegiatan dan transaksi keuangan antara lain mencakup pembukaan rekening mata uang baht Thailand dan ringgit Malaysia.

(mfd/evs)

No more pages