Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan Presiden Joe Biden meluncurkan strategi terkait cip ini tahun lalu menyusul era baru dalam hubungan AS-China. Dalam hal ini meningkatnya risiko ekonomi dan kemungkinan konflik militer.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menjelaskan bahwa akan melakukan apa saja untuk memastikan negara tersebut memiliki keunggulan teknologi sebesar mungkin. Pada Oktober lalu, Departemen Perdagangan AS memberlakukan larangan ekspor cip kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), tertentu ke negara tujuan China tanpa lisensi.

AS juga larangan menjual peralatan pembuat cip. AS kemungkinan memperluas batasan tersebut tahun ini, termasuk menambahkan batasan pada cip yang dapat dijual oleh pemimpin di sektor AI, Nvidia Corp. tanpa lisensi. 

Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)

2. Di mana posisi negara-negara sekutu AS?

AS telah mencoba membujuk para sekutu utama mereka untuk bergabung dalam upaya melawan China karena larangan dari AS saja akan memungkinkan perusahaan China beralih ke pesaing, di negara lainnya, untuk mendapatkan pasokan. Memiliki Belanda dan Jepang di sisinya sangat penting bagi AS.

Diketahui produsen utama peralatan pembuat cip berasal dari ketiga negara tersebut, termasuk Applied Materials Inc. di AS, ASML Holding NV dari Belanda dan Tokyo Electron Ltd. dari Jepang. Perusahaan-perusahaan di Jepang juga memegang pangsa pasar yang dominan di beberapa tahap proses pembuatan cip.

Kue negara-negara dalam produksi cip (Sumber: Bloomberg)

3. Bagaimana reaksi perusahaan-perusahaan itu?

Perusahaan yang membuat peralatan semikonduktor dan produsen cip menolak pembatasan untuk China, pasar terbesar untuk teknologi mereka. Perusahaan besar seperti Nvidia dan Intel Corp. mengatakan bahwa mereka tidak hanya khawatir soal kehilangan penjualan.

Selama pertemuan di Washington pada bulan Juli, Pat Gelsinger dari Intel, Jensen Huang dari Nvidia, dan Cristiano Amon dari Qualcomm Inc. memperingatkan bahwa kontrol ekspor itu berisiko merugikan kepemimpinan AS di industri ini. Pembatasan tersebut dapat memaksa China untuk mempercepat investasinya sendiri di industri semikonduktor, dan tampaknya tidak membantu memperlambat pengembangan AI China.

4. Mengapa cip sangat penting?

Semikonduktor diperlukan untuk memproses data sebagai sumber kehidupan ekonomi global. Cip generasi terbaru memungkinkan teknologi seperti realitas virtual dan deep learning, platform AI seperti ChatGPT, dan transfer data yang lebih cepat melalui jaringan nirkabel generasi kelima.

Cip memori, yang menyimpan data, relatif sederhana dan diperdagangkan seperti komoditas. Sementara cip logic, yang menjalankan program dan bertindak sebagai otak perangkat, lebih kompleks dan mahal.

Beberapa analis memperkirakan nilai dari industri ini akan berlipat ganda pada dekade ini. Pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan cip didominasi oleh perusahaan AS, dengan total lebih dari setengahnya. AS telah mengatakan bahwa mereka khawatir China mungkin dapat menggunakan semikonduktor canggih untuk mengembangkan kemampuan militer serta teknologi mata-mata dan penyensoran di dalam negeri.

5. Di mana cip dibuat sekarang?

Produksi semikonduktor tercanggih terkonsentrasi hanya di dua tempat, Taiwan dan Korea Selatan, yang mencakup sekitar tiga perempat dari kapasitas kontrak pembuatan cip dunia. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di Washington dan sekitarnya karena Taiwan adalah wilayah bersengketa, sebagai sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim China sebagai miliknya.

Pemerintah AS dan Eropa hingga Jepang menghabiskan puluhan miliar dolar untuk mengamankan pasokan cip di masa depan dengan mengembangkan pabrik mereka sendiri. Namun, upaya tersebut terbukti rumit: TSMC mengatakan akan menunda dimulainya produksi di fasilitas baru di Arizona hingga 2025 karena kekurangan pekerja terampil.

6. Kenapa Taiwan bisa sukses?

Taiwan menjadi pemain dominan dalam pembuatan cip outsourcing sebagian karena keputusan pemerintah pada tahun 1970-an untuk mempromosikan industri elektronik. TSMC hampir sendirian menciptakan bisnis pembuatan cip. Pelanggan besar seperti Apple Inc., memberi TSMC volume besar untuk membangun keahlian terdepan di industri, dan sekarang dunia bergantung padanya.

Perusahaan mengungguli Intel dari segi pendapatan pada tahun 2022. Politik telah membuat perlombaan lebih dari sekedar uang, dengan AS mengisyaratkan akan melanjutkan upaya membatasi akses China ke cip yang dirancang AS yang dibuat di pabrik Taiwan.

China telah lama mengklaim pulau itu, yang berjarak hanya 100 mil lepas pantainya, sebagai wilayahnya sendiri dan mengancam akan menginvasi untuk mencegah kemerdekaan resminya. 

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

7. Akankah pembatasan yang diterapkan pemerintahan Biden ini berhasil?

Belum tahu bagaimana sejauh ini. Beijing menginvestasikan lebih banyak uang daripada negara mana pun sepanjang sejarah industri semikonduktor domestiknya. Perusahaan-perusahaan lokal tidak hanya berusaha membangun alternatif domestik untuk produsen cip memori dan logika terkemuka, namun juga mencoba mengembangkan mesin dan perangkat lunak pembuat cip mereka sendiri untuk desain dan pemrosesan grafis. Sementara itu, upaya AS untuk membangun industri cip yang lebih kuat dan beragam secara geografis cenderung kontroversial di negara mereka sendiri, dengan beberapa politisi Washington mencela langkah itu.

—Dengan asistensi Thomas Pfeiffer.

(bbn)

No more pages