Logo Bloomberg Technoz

“Sentimen sekarang diredam oleh surplus yang diantisipasi untuk produk litium pada 2024,” katanya, menambahkan bahwa kuartal pertama biasanya juga merupakan periode yang lambat untuk aktivitas restocking di China.

Harga spot litium karbonat - bentuk halus dari logam - telah naik secara liar pada 2022. Komoditas itu melonjak ke rekor tertinggi pada November, dipicu oleh sentimen jorjoran adopsi kendaraan listrik global. Namun, harga litium kembali jatuh tahun ini seiring dengan meredanya tekanan terhadap pasok logam kritis tersebut.

Chief Executive Officer Tesla Inc. Elon Musk menggambarkan lonjakan harga litium tahun lalu sebagai fenomena "gila".

Bursa berjangka diharapkan membuat harga litium lebih transparan serta mengurangi volatilitas harga spot, dan memberi solusi yang lebih minim risiko bagi produsen dan pembeli.

Pabrikan baterai dan mobil listrik di seluruh dunia masih berjuang untuk mengamankan kesepakatan penjualan atau perluasan untuk mengunci pasokan bahan baku.

Negara-negara Barat juga meningkatkan upaya membangun rantai pasok mereka sendiri dengan sekutu, karena China masih mendominasi pemrosesan dan merupakan produsen litium yang signifikan.

"Sektor lithium dan baterai ingin memiliki pasar berjangka yang lebih representatif dan kredibel di China,” kata Dennis Ip, seorang analis di Daiwa Capital Markets. 

(bbn)

No more pages