Logo Bloomberg Technoz

Panas Bumi Diproyeksi Paling Efektif Gantikan Listrik Batu Bara

Krizia Putri Kinanti
13 July 2023 18:20

PLTP Kamojang yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy di Garut, Rabu (17/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
PLTP Kamojang yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy di Garut, Rabu (17/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Panas bumi atau getothermal dinilai potensial menjadi sumber energi terbarukan yang paling efektif dan ekonomis untuk menggantikan dominasi batu bara sebagai bahan baku pemasok listrik, khususnya di Jawa dan Sumatra.

Presiden Direktur PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) Julfi Hadi mengatakan, panas bumi merupakan sumber energi di Indonesia yang paling stabil untuk proses transisi dari energi fosil ke ramah lingkungan.

“Saya akan selalu mengingatkan bahwa geothermal is the only stable renewable energy yang punya peran penting untuk dekarbonisasi dan selama transisi menggantikan batu bara. Kita bisa lihat demand," katanya dalam acara EBTKE Conex 2023, Kamis (13/7/2023).

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sumber daya panas bumi di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 28,5 giga watt electrical (GWe) yang terdiri dari sumber daya 11.073 MW dan cadangan 17.453 MW. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya panas bumi terbesar di dunia. 

Adapun, sumber daya panas bumi yang termanfaatkan telah mencapai 1.948,5 MW yang terdiri dari 13 pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di 11 wilayah kerja panas bumi (WKP).

PLTP Lahendong milik Pertamina Geothermal Energy (Dok. Perseroan)