Logo Bloomberg Technoz

Menlu Inggris Umumkan Bantuan Pendanaan Rp500 M untuk ASEAN

Elisa Valenta
13 July 2023 13:10

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly (Andy Rain/EPA/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly (Andy Rain/EPA/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengumumkan akan mengucurkan dana bantuan program senilai 25 juta poundsterling atau setara Rp500 miliar guna mendukung pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN dan upaya dalam pengentasan kemiskinan.

Dalam keterangan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Kamis (13/7), bantuan tersebut diumumkan di sela-sela kunjungan Cleverly dalam pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Jakarta, 13-14 Juli.

"Keamanan dan ekonomi Inggris dan Asia Tenggara terhubung lebih erat daripada sebelumnya. Itulah sebabnya kami meningkatkan hubungan jangka panjang dengan pasar yang dinamis dan berkembang pesat di seluruh kawasan ini," kata Cleverly dalam keterangannya, Kamis (13/7).

Ia menyebut, bantuan itu diberikan dengan melibatkam keahlian Inggris di sektor perdagangan, regulasi, dan layanan keuangan. Asistensi akan diberikan untuk lima tahun kedepan.

Selain mengumumkan pendanaan baru, pertemuan tersebut juga menjelaskan bagaimana Inggris akan membantu ASEAN di bidang pendidikan, kesehatan, dan iklim. Bantuan untuk keamanam kawasan akan dilakukan melalui memimpin respon Dewan Keamanan PBB terkait krisis di Myanmar.