Logo Bloomberg Technoz

Menteri Soeharto dan Gus Dur, Sarwono Kusumaatmadja Tutup Usia

Fransisco Rosarians Enga Geken
26 May 2023 18:15

Sarwono Kusumaatmadja. (Dok. Biro Hubungan Masyarakat, KLHK)
Sarwono Kusumaatmadja. (Dok. Biro Hubungan Masyarakat, KLHK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus Sarwono Kusumaatmadja dikabarkan meninggal dunia sekitar pukul 17:15 waktu Penang, Malaysia, hari ini (26/5/2023). Mantan menteri ini sebelumnya dikabarkan tengah menjalani pengobatan intensif di Penang Adventist Hospital, Penang.

Kondisi kesehatan pria kelahiran 24 Juli 1943 ini sempat mengalami penurunan karena penyakit yang cukup serius beberapa waktu terakhir. 

"Innalilahi wainnailaihi rojiun" kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Nurul Qomaril Arifin melalui pesan singkat. "Selamat jalan pak Sarwono, semoga keteladananmu terpatri di bangsa ini."

Jenazah rencananya akan diterbangkan kembali ke Indonesia. Meski belum ada konfirmasi dari pihak keluarga, para kerabat akan mendoakan Sarwono di rumah duka, daerah Senopati, Jakarta Selatan.

Sarwono sendiri memulai karir politiknya sebagai kader Partai Golkar. Dia dua kali menjadi menteri saat pemerintahan Presiden Soeharto. Dia tercatat menjabat Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993); dan Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).