Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Siapkan Food Estate Jagung 10.000 Hektare di Papua

Fransisco Rosarians Enga Geken
21 March 2023 21:55

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Serahkan Penghargaan Penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Serahkan Penghargaan Penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah menyiapkan sebuah food estate seluas 10 ribu hektar di Kabupaten Keerom, Papua. Menurut dia, lahan tersebut berpotensi menjadi tempat tanam jagung karena memiliki karakter tanah yang rata dan datar.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan sistem pengairan lahan atau irigasi. Jokowi mengklaim sudah melakukan pemetaan untuk pembangunan irigasi tersebut. Harapannya, lahan jagung tersebut memiliki kelimpahan air sehingga mendapat panen yang maksimal.

"Tapi sekarang yang sudah disiapkan, land clearing, kemudian pengolahan tanah baru 500 hektare. Tahun depan 2.500 hektare" kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Kepresidenan, Selasa (21/3/2023).

Jokowi juga mengatakan, pemerintah belum bisa memprediksi kemampuan panen pada lahan di Keerom tersebut. Rencananya, lahan yang sudah ditanami bibit jagung baru akan panen pada Juni 2023. 

Meski demikian, dia memprediksi hasil panen pertama lahan food estate tersebut tak akan sebanding dengan lahan di wilayah lain. Salah satunya Pulau Jawa yang mampu memproduksi 10-11 ton jagung per hektar.