Logo Bloomberg Technoz

Operator Forum Hacker BreachForums Ditangkap, Ini Sosoknya

News
21 March 2023 14:56

Ilustrasi Hack Hacker (Dok Pixabay)
Ilustrasi Hack Hacker (Dok Pixabay)

Bob Van Voris dan William Turton - Bloomberg News

Bloomberg - Agen FBI menciduk seorang pria asal Peekskill, New York, yang disebut menjalankan situs yang memperjualbelikan data yang dicuri atau dibobol di dark web bernama “BreachForums”. Di forum itu, ia menggunakan nama samaran online “Pompompurin”.

Pria bernama Conor Brian Fitzpatrick ditangkap oleh tim penyelidik di rumahnya sekitar pukul 16.30 Rabu (14/3/2023), kata seorang agen FBI dalam sebuah pernyataan. Fitzpatrick didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan di dunia maya.

BreachForums menjadi tempat para hacker jahat menjual data curian dari hampir 1.000 perusahaan dan situs web. Basis data tersebut sering kali berisi informasi pribadi, seperti nama, email, dan kata sandi (password). Informasi tersebut ditawarkan untuk dijual oleh pengguna situs dan dapat digunakan untuk penipuan.

Ilustrasi Hacker (Dok. Unsplash)

Profil Pompompurin di BreachForums menggambarkan dirinya sebagai "Bossman" dan gambar anjing kartun Sanrio Co. Profil tersebut menunjukkan kunjungan terakhir Fitzpatrick ke situs tersebut pada hari Rabu pukul 15:53, tak lama sebelum penangkapannya.