Logo Bloomberg Technoz

Tensi Reda, Bursa Saham Eropa Bakal Dibuka Hijau

News
21 March 2023 13:59

Futures Bursa Saham Eropa (Dok Bloomberg)
Futures Bursa Saham Eropa (Dok Bloomberg)

Tassia Sipahutar - Bloomberg News

Bloomberg - Kondisi saat ini kian positif pada pergerakan futures indeks saham di Eropa, menyusul tren positif juga terjadi pada pasar saham Asia hari ini (21/3/2023). Bersamaan dengan kekhawatiran terhadap masalah di sektor perbankan sudah semakin mereda.

Kontrak berjangka untuk Euro Stoxx 50 naik 0,6%. Indeks saham di Asia naik sekitar 0,5% di tengah kenaikan di Hong Kong, Korea Selatan, dan Australia. Tercatat hampir keseluruhan sektor naik di wilayah tersebut, dengan Indeks Keuangan MSCI Asia Pasifik naik 0,9% setelah tergelincir ke level terendah sejak November pada Senin kemarin.

Adapun sentimen yang jadi katalis adalah reboundnya obligasi Additional Tier 1 yang dijual oleh bank-bank di wilayah Asia-Pasifik. Pasar untuk utang yang berisiko ini telah terhenti pada Senin ketika penyelamatan Credit Suisse Group AG menghapus obligasi AT1-nya.

Futures indeks S&P 500 sedikit lebih tinggi setelah melonjak 0,9% pada Senin bersamaan dengan indeks acuannya. Katalis positif datang dari sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS), yang sedang mempelajari cara untuk menjamin semua deposan bank jika krisis keuangan saat ini meluas, menjadikan futures indeks S&P 500 dan futures indeks Nasdaq 100 ke level tertinggi secara harian mereka.