Logo Bloomberg Technoz

Microsoft Peringatkan Serangan Ransomware oleh Rusia

News
16 March 2023 18:16

Microsoft Peringatkan Adanya Bahaya Serangan Ransomware oleh Rusia (Sumber: Bloomberg)
Microsoft Peringatkan Adanya Bahaya Serangan Ransomware oleh Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Microsoft Corp. memperingatkan bahwa sebuah kelompok peretas (hacker) terkenal di dunia yang memiliki kaitan dengan badan intelijen militer Rusia (GRU) kemungkinan sedang menyiapkan serangan ransomware. Mereka mengatakan serangan siber itu bisa saja terjadi di dalam maupun luar Ukraina.

Grup yang disebut Iridium oleh Microsoft itu lebih dikenal dengan sebutan Sandworm oleh masyarakat umum. Sandworm diduga sebagai dalang di balik penyerangan jaringan listrik Ukraina dan lembaga pemerintah, infrastruktur Olimpiade Musim Dingin 2018, dan sistem operasi perusahaan di seluruh dunia.

Microsoft mengatakan dalam laporan intelijen ancaman pada Rabu (15/03/2023) bahwa kelompok perusak tersebut dicurigai sedang mempersiapkan serangan siber destruktifnya yang baru.

Sandworm juga diyakini bertanggung jawab atas serangan siber institusi Ukraina yang menggunakan malware "wiper" dan serangan DDoS, sebuah operasi yang dimulai jauh sebelum invasi Presiden Vladimir Putin. Namun, sebagian besar pertahanan Ukraina telah melakukan pencegahan serangan siber tersebut berkat bantuan dari perusahaan teknologi asing, termasuk Microsoft.