Logo Bloomberg Technoz

BI Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2023 Jadi 2,6%

Krizia Putri Kinanti
16 March 2023 14:11

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok. Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur Februari 2023 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,6%. Ancaman resesi di Amerika Serikat (AS) pun diperkirakan menurun.

"Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan lebih baik dari proyeksi sebelumnya. Bank Indonesia memperkirakan ekonomi global pada 2023 tumbuh mencapai 2,6% sejalan dengan dampak positif pembukaan ekonomi Tiongkok dan penurunan disrupsi pasokan global," ungkap Perry dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubenur (RDG) edisi Maret 2023 di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Bulan lalu, BI masih memperkirakan ekonomi dunia tahun ini tumbuh 2,3%.

Di AS, lanjut Perry, risiko resesi pun menurun. Prospek yang lebih baik itu pada gilirannya akan meningkatkan harga komoditas non energi meski harga minyak tetap menurun.

"Perkembangan positif serta ekspektasi kenaikan upah karena keketatan sumber daya manusia mendorong kebijakan moneter ketat negara maju pada 2023. Pengetatan kebijakan moneter di negara maju ditambah munculnya kasus penutupan 3 bank di AS meningkatkan ketidakpastian pasar keuangan global, menahan aliran modal ke negara berkembang, dan menyebabkan dan pelemahan nilai tukar di berbagai negara," jelas Perry.