Logo Bloomberg Technoz

Rishi Sunak dan Macron Perbaiki Hubungan, Apa Saja Agendanya

News
10 March 2023 13:50

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak (Sumber: Bloomberg)
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak (Sumber: Bloomberg)

Ania Nussbaum, Ellen Milligan, dan Alberto Nardelli - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak tengah memulihkan hubungan antara kedua negara yang renggang selama bertahun-tahun. Kedua pemimpin kini tengah berada Paris pada Jumat (10/03/2023).

Kunjungan kenegaraan Sunak yang pertama dalam lima tahun ke Paris itu terjadi beberapa hari setelah Inggris mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan dengan Uni Eropa (UE) terkait pengaturan perdagangan Irlandia Utara.

Hubungan Prancis-Inggris diharapkan dapat membaik setelah pertemuan tersebut. Sebelumnya, eks PM Inggris Liz Truss sempat mempertanyakan apakah Presiden Prancis Macron “teman atau musuh”. Raja Charles III juga telah dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Prancis akhir bulan ini. Kedua belah pihak menekankan upaya-upaya ini sebagai ‘babak baru’ dalam hubungan Prancis-Inggris.

Kedua pemimpin negara yang berbagi latar belakang perbankan itu akan menggelar konferensi pers bersama di Istana Elysee pada Jumat (10/03/2023) sore.